PEMBUATAN GULA MERAH DI DESA ROMBEN GUNA KEC. DUNGKEK

Pernah dengar gula merah ? dari apa saja bahan baku untuk mermbuat gula merah ? pada tulisan kali ini, kami akan membahas pembuatan gula merah dari nira. Nira yang banyak tumbuh di daerah Dungkek, Sumenep khususnya Romben Guna ini banyak tumbuh dan berkembang biak di pekarangan warga. Ada yang memang tumbuh liar dan ada yang memang ditanami.
            Desa Romben Guna ini masyarakatnya banyak yang membuat gula merah dari nira, setelah memanen biasanya dibuat gula merah. Di Romben Guna di rumah masing – masing warga ada tempat untuk memasak nira menjadi gula merah, biasanya perhari bisa produksi puluha kilo gula merah. Dengan melimpahnya pohon nira di Desa Romben Guna menjadi potensi desa dan untuk meningkatkan perekonomian warga.

            Setelah menjadi gula merah merka dijual ke tengkulak yang berkeliling untuk mengambil gula merah dan ada juga yang menjual ke tengkulak di luar desa. Biasanya menjual dengan harga yang agak mahal, kalau musim nira banyak itu merupakan keberkahan bagi petani dan warga karena bisa memproduksi gula merah yang banyak, namun kalau bukan musimnya akan kesulitan untuk memproduksi gula merah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JUKNIS BOS TAHUN 2021 PERMENDIKBUD NO 6 TAHUN 2021

AYO DAFTAR KE SD NEGERI ROMBEN GUNA 1 DUNGKEK SUMENEP